UPAYA PENINGKATAN KINERJA PETUGAS KEBERSIHAN DAN PERSAMPAHAN DINAS PERUMAHAN RAKYAT, KAWASAN PERMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN TEMANGGUNG

Authors

  • Anie Nurtjahjaningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Uswatun Chasanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jurima.v1i1.754

Keywords:

Performance, Officer, Cleanliness.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja petugas kebersihan dan persampahan di Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung. Penelitian dilakukan bulan Desember 2021 s/d April 2022. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data wawancara. analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja petugas kebersihan dan persampahan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung mencapai belum optimal disebabkan beberapa faktor: Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung sangat terbatas. Beban kerja yang sangat tinggi dan kurangnya apresiasi terkait kinerja dari atasan. Sumber daya manusia masih kurang apabila dilihat dari kualitas dan jumlah masih belum memadai dan masih banyak petugas yang pendidikannya masih rendah. Keterbatasan Lahan TPA, dan Belum menggunakan teknologi yang ramah lingkungan untuk dapat digunakan di TPA. Belum adanya penghargaan dan hukuman yang jelas bagi petugas yang memiliki kinerja baik dan buruk. Sosialisasi belum menyeluruh, hanya terbatas kepada kalangan Aparatur Pemerintah saja belum kepada masyarakat secara luas. 2) Upaya untuk Meningkatkan Kinerja petugas kebersihan dan persampahan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung: Menambahan petugas kebersihan dan persampahan dan penambahan sarana prasarana pendukung lainnya di bidang persampahan. Mengurangi beban kerja yang diberikan oleh para petugas kebersihan dan persampahan dan memberikan apresiasi dari atas kepada patugas yang memiliki kinerja baik. Memberikan pelatihan-pelatihan kepada para petugas kebersihan dan persampahan. Memanfaatkan teknologi terbaru yang ramah lingkungan. Memberikan penghargaan kepada karyawan yang berperilaku dan bekerja dengan baik dan memberikan hukuman bagi karyawan yang bermalas-malasan. Memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengolahan sampah yang baik.

This study aims to improve the performance of janitors and waste management at the Public Housing, Settlement and Environmental Services Office of Temanggung Regency. The research was conducted in December 2021. This type of research is descriptive qualitative. Interview data collection techniques. Miles and Huberman data model analysis. The results showed that: 1) The performance of the janitor and waste officer of the Department of Public Housing, Settlement and Environment in Temanggung Regency was not optimal due to several factors: The facilities and infrastructure owned by the Settlement and Environment Area of Temanggung Regency were very limited. Very high workload and lack of appreciation for performance from superiors. Human resources are lacking when viewed from the quality and number are still insufficient and there are still many education officers who are still low. Limitations of Landfill for TPA, and Not yet using environmentally friendly technology to be used in TPA. There are no clear rewards and punishments for officers who have good and bad performance. Socialization has not been comprehensive, only limited to the Government Apparatus, not to the wider community. 2) Efforts to improve the performance of janitors and waste from the Department of Public Housing, Settlement Areas and the Environment of Temanggung Regency: Adding cleaning and waste officers and adding other infrastructure facilities in the waste sector. Reducing the workload given by janitors and waste and giving appreciation from officers who have good performance. Provide training for training and waste officers. the latest environmentally friendly technology. Reward employees who behave and work well and punish employees who are lazy. Provide socialization to the community about the importance of good waste management.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Artiningsih, Ni Komang Ayu. (2008). Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Semarang: Undip Press.

Assery, S., Tjahjono, H., & Palupi, M. (2015). Perencanaan Sumberdaya Manusia Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2), 419-428. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3740

Asteria, Donna. (2015). “Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Tasikmalaya’. Jurnal Manusia Dan Lingkungan, Vol. 23, No.1, Maret 2016: 136-141.

Azwar, A. (1990). Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Yayasan Mutiara.

Chairul Saleh, Syeh Assery and Nur Rachman Dzakiyullah, 2018. Supply Chain: Partnership, Capability and Performance (A Case Study on Service Companies at Yogyakarta Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 13: 5391-5394. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2018.5391.5394

Daulima, R., & Katili, A. Y. (2019). Kinerja Petugas Kebersihan Di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2), 136–143.

Daulima, Ririn. (2019). Kinerja Petugas Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik. Vol 6 No 2 (2019)

Hartanto, W. (2006). Kinerja Pengelolaan Sampah di Kota Gombong Kabupaten Kebumen. Universitas Diponegoro, 1, 24–29.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Kodoatie, R.J. (2003). Manajemen dan Rekayasa Infrastruktur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Magdalena, H., Santoso, H., & Rochmayani, K. (2019). Sistem Retribusi Sampah Berbasis Web untuk Optimalisasi Kinerja Bidang Pengelolaan Sampah Web-Based Waste Retribution Information System for Optimizing Performance in Waste Management. Cogito Smart Journal, 5(2), 294–307

Marsaulina, Irnawati. (2004). Studi tentang Pengetahuan, Perilaku dan Kebersihan. Jakarta: Salemba Medika.

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Mubarak, I. Indrawati L, Susanto J. (2015). Buku 1 Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta : Salemba Medika

Novitasari, D., Laksmi Riani, A., Suyono, J., & Harsono, M. (2020). Organizational Context on Workplace Incivility and Turnover Intention. WSEAS TRANSACTIONS ON BUSINESS AND ECONOMICS, 17, 387–396. https://doi.org/10.37394/23207.2020.17.38

Novitasari, D., Riani, A. L., Suyono, J., & Harsono, M. (2021). The moderation role of ethical leadership on organisational justice, professional commitment, and organisational citizenship behaviour among academicians. International Journal of Work Organisation and Emotion, 12(4). https://doi.org/10.1504/IJWOE.2021.120718

Nur Feriyanto, Syeh Assery, Chairul Saleh and Sri Suryaningsum, 2017. A Little Aspect of Misbehavior in Organization (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3870-3872. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3870.3872

Nurdin, & Rohendi. (2016). Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Kinerja Karyawan Dengan Mediasi Komitmen Organisasi. Ecodemica. Vol 4, No 1

Pramularso, Eigis Yani. (2018). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan. Jakarta : CV Inaura Anugerah.

Priansa, Donni Junni. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Purnama, Y. H., Tjahjono, H. K., Assery, S., & Dzakiyullah, N. R. (2020). The relationship of organizational justice on job satisfaction and job performance in banking company. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).

Setiawan, Hery. (2020). Kinerja Dinas Lingkungan Hidup Dalam Penanganan Sampah Di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 11(4), 463-473.

Subandi, S., & Hamid, M. S. (2021). STUDENT SATISFACTION, LOYALTY, AND MOTIVATION AS OBSERVED FROM THE SERVICE QUALITY. Journal of Management and Islamic Finance, 1(1). https://doi.org/10.22515/jmif.v1i1.3552

Sucipto, C. D. S. (2012). Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Yogyakarta: Gosyen publising.

Sudrajat, Deni. (2018). Kinerja Petugas Pengangkut Sampah Di Kelurahan Sambongjaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Journal of Regional Public Administration (JRPA). Vol. 3 No. 2 (2018)

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono, S., Sulastiningsih, S., Chasanah, U., Widiastuti, N. and Purwanto, W. (2023) “The Relationship of Leadership, Discipline, Satisfaction, and Performance: A Case Study of Steel Manufacture in Indonesia”, International Journal of Professional Business Review. São Paulo (SP), 8(2), p. e01146. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i2.1146.

Sulastiningsih, ., & Wikaningtyas, S. U. (2023). Green Entrepreneurship Motivation Model. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 12(2), 262. https://doi.org/10.36941/ajis-2023-0047

Suwerda, Bambang. (2012). Bank Sampah Kajian Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Tarwoto & Wartonah. (2006). Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup

Widiyanti, W., & Fitriani, D. (2017). Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok. Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika. Vol 17, No 2

Wikaningtyas, S. U., Tjahjono, H. K., & Suprihanto, J. (2023). Turnover Intention Model: Self -Determination Theory Approach. Quality - Access to Success, 24(194). https://doi.org/10.47750/QAS/24.194.20

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Nurtjahjaningsih, A., & Chasanah, U. (2023). UPAYA PENINGKATAN KINERJA PETUGAS KEBERSIHAN DAN PERSAMPAHAN DINAS PERUMAHAN RAKYAT, KAWASAN PERMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN TEMANGGUNG. Jurnal Riset Mahasiswa, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.32477/jurima.v1i1.754