STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI BADAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN PACITAN

Authors

  • Ardya Rossy Febyan Bolang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Suci Utami Wikaningtyas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jurima.v1i1.755

Keywords:

strategy, performance achievement, evaluation

Abstract

In order to support good public service delivery, a performance management system is needed to guide employees in carrying out their duties and functions. Every job must be well planned, well executed, and its performance can be accounted for. For this reason, a performance appraisal system is needed that can measure individual and organizational performance achievements. The measurement aspects include workload and performance achievements. This study aims to identify the factors causing the low workload measurement results and strategies to improve performance in the Regional Financial Board of Pacitan Regency. After conducting the research, it was concluded that the factors causing the low measurement of employee workload at the Regional Finance Board were (1) low motivation or work ethic, (2) poor example from more senior colleagues, (3) management bad timing, (4) less strict enforcement of rules, and (5) notification of a violation. While the strategies that can be implemented to overcome the above problems are (1) Developing an action plan for evaluating previous year performance achievements, (2) Providing rewards and punishments for performance achievements, (3) Expanding the use of IT or applications to speed up and simplify work, ( 4) Increasing employee discipline through dissemination of employment rules, (5) Increasing employee capacity through training and technical guidance, (6) Conducting periodic performance evaluations, (7) Fulfillment of work facilities and infrastructure, and (8) Increasing employee welfare.

Guna mendukung penyelenggaraan pelayanan publik yang baik diperlukan sistem manajemen kinerja yang menjadi pedoman bagi pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Setiap pekerjaan harus direncanakan dengan baik, dilaksanakan dengan baik, dan kinerjanya dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu diperlukan sistem penilaian kinerja yang dapat mengukur capaian kinerja individu dan organisasi. Aspek pengukurannya meliputi beban kerja dan capaian kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab masih rendahnya hasil pengukuran beban kerja serta bagaimana strategi untuk meningkatkan kinerja di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pacitan. Setelah dilakukan penelitian, ditarik kesimpulan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya pengukuran beban kerja pegawai di Badan Keuangan Daerah adalah (1) Motivasi atau etos kerja yang rendah, (2) Keteladanan yang kurang baik dari reka kerja yang lebih senior, (3) Manajemen waktu yang kurang baik, (4) Penegakan aturan yang kurang tegas, dan (5) Adanya pemakluman terhadap suatu pelanggaran. Sedangkan strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah di atas adalah (1) Menyusun rencana aksi atas evaluasi capaian kinerja tahun sebelumnya, (2) Memberikan reward dan punishment terhadap pencapaian kinerja, (3) Memperluas penggunaan TI atau aplikasi untuk mempercepat dan mempermudah perkerjaan, (4) Meningkatkan kediplinan pegawai melalui sosialisasi aturan kepegawaian, (5) Meningkatkan kapasitas pegawai melalui diklat dan bimbingan teknis, (6) Melalukan evaluasi kinerja secara berkala, (7) Pemenuhan sarana dan prasarana kerja, dan (8) Peningkatan kesejahteraan pegawai.

References

Afandi, P (2018), Managemen Sumber Daya Manusia : Teori, Konsep dan Indikator, Cetakan Kesatu. Nusa media. Yogyakarta

Amirulloh (2016). Manajemen Srtategi, Teori, Konsep kinerja. Jakarta: Rajawali Pers

Anwar Prabu Mangkunegara, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung, PT Remaja

Arikunto,S (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assery, S., Tjahjono, H., & Palupi, M. (2015). Perencanaan Sumberdaya Manusia Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2), 419-428. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3740

Budiprasetyo, Karno, 2000, Manajemen Startegis, Semarang, UPT Penerbitan Unika Semarang.

Chairul Saleh, Syeh Assery and Nur Rachman Dzakiyullah, 2018. Supply Chain: Partnership, Capability and Performance (A Case Study on Service Companies at Yogyakarta Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 13: 5391-5394. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2018.5391.5394

Chairul Saleh, Syeh Assery, Sabihaini and Sri Suryaningsum, 2017. Supply Chain Management in Service Companies (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3858-3860. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3858.3860

Edy Sutrisno, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Kencana Prenada Media Group

Hasibuan, Malayu S P, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Bandung.

M, Kadarisman (2013), Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Grafindo

M, Manulang dan Marithot Manulang (2011), Manajemen Personalia, Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Mangkunegara, Anwar Prabu (2005), Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Moenir (2000), Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: BinaAksara.

Moleong, j, Lexy (2006), Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Novitasari, D., Riani, A. L., Suyono, J., & Harsono, M. (2021). The moderation role of ethical leadership on organisational justice, professional commitment, and organisational citizenship behaviour among academicians. International Journal of Work Organisation and Emotion, 12(4). https://doi.org/10.1504/IJWOE.2021.120718

Nur Feriyanto, Syeh Assery, Chairul Saleh and Sri Suryaningsum, 2017. A Little Aspect of Misbehavior in Organization (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3870-3872. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3870.3872

Peraturan Bupati Pacitan Nomor 153 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi, Susunan Organisasi, serta Tata Kerja Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pacitan

Peraturan Bupati Pacitan nomor 221 tahun 2021 tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai Negeri Sipil di Lingkup Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Prawirosentono, S. (1999). Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE

Priyastiwi, P., & Halim, A. (2018). The Influence of Supervisors Support and Protection Against Whistleblowing Decision in The Organizations of Local Government In Indonesia. The Indonesian Journal of Accounting Research, 21(03). https://doi.org/10.33312/ijar.362

Purnama, Y. H., Tjahjono, H. K., Assery, S., & Dzakiyullah, N. R. (2020). The relationship of organizational justice on job satisfaction and job performance in banking company. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).

Rosdakarya

Sedarmayanti,2001, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Mandar Maju, Bandung

Sondang P Siagian, 2004, Mamajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT Bumi Aksara.

Subandi, S., & Hamid, M. S. (2021). STUDENT SATISFACTION, LOYALTY, AND MOTIVATION AS OBSERVED FROM THE SERVICE QUALITY. Journal of Management and Islamic Finance, 1(1). https://doi.org/10.22515/jmif.v1i1.3552

Sugiyono (2016), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhartono, S., Sulastiningsih, S., Chasanah, U., Widiastuti, N. and Purwanto, W. (2023) “The Relationship of Leadership, Discipline, Satisfaction, and Performance: A Case Study of Steel Manufacture in Indonesia”, International Journal of Professional Business Review. São Paulo (SP), 8(2), p. e01146. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i2.1146.

Sukarna (2011), Dasar –dasar Manajemen, Bandung: Mandar Maju

Sungkem (2010) “Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai Kecamatan Dalam Melaksanakan Tugas dan Fungsianya di Kecamatan Purwosari Kabupaten Gunungkidul” Tesis Megister Manajemen Widya Wiwaha Yogyakarta.

Sutowo (2014) “Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kelurahan Ploso Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan” Tesis Megister Manajemen Widya Wiwaha Yogyakarta.

Wikaningtyas, S. U., Tjahjono, H. K., & Suprihanto, J. (2023). Turnover Intention Model: Self -Determination Theory Approach. Quality - Access to Success, 24(194). https://doi.org/10.47750/QAS/24.194.20

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Bolang, A. R. F., & Wikaningtyas, S. U. (2023). STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI BADAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN PACITAN. Jurnal Riset Mahasiswa, 1(1), 18–32. https://doi.org/10.32477/jurima.v1i1.755