EVALUASI KINERJA PEGAWAI BAGIAN PELAYANAN KTP ELEKTRONIK DI KANTOR KECAMATAN KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG

Authors

  • Dhini Dwi Nur Azizah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Muhammad Awal Satrio Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Employee Performance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kinerja pegawai bagian pelayanan masyarakat untuk memperoleh KTP elektronik pada pelayanan publik di Kantor Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. Penelitian ini dimulai pada bulan Desember 2021. Jenis penelitian merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan jumlah sampel 29 orang. Teknik pengambilan sampel dengan purposif sampling. Teknik analisis data interactive model of analysis.Kinerja pegawai diukur dari aspek kualitas, ketepatan waktu, efektifitas, kemandirian dan komitmen petugas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan kinerja pegawai bagian pelayanan dari aspek kualitas dapat dikategorikan sesuai peraturan yang berlaku. Dari aspek ketepatan waktu pelayanan dapat dikategorikan tepat walaupun masih ada sedikit kendala, dari aspek efektifitas pelayanan dapat dikategorikan efektif walaupun masih ada sedikit masalah yang berkaitan dengan keterlambatan. Aspek kemandirian dalam pelayanan dikategorikan mandiri, ramah dan sopan dalam melayani pengunjung kadang ada juga kendala ketika petugas sudah lelah sehingga menjadi kurang sabar. Dari aspek komitmen dalam pelayanan dapat dikategorikan memiliki komitmen yang tinggi karena sudah menjadi tanggung jawab ASN untuk melayani masyarakat.Adapun untuk rekomendasiyang ditetapkan adalah meningkatkan kemampuan petugas bagian pelayanan dengan cara mengikutkan pendidikan dan pelatihan pada petugas entry data baik melalui pelatihan software maupun hardware agar nantinya tidak menemui kendala pada waktu bekerja. Senantiasa mengadakan bimbingan dan evaluasi untuk kelancaran pelayananan, berusaha memberikan pelayanan prima kepada pengunjung dan senantiasa penjaga keamanan kenyamanan bagi pengunjung.

This study aims to determine the efforts to improve the performance of public service employees to obtain electronic ID cards in public services at the Kledung District Office, Temanggung Regency. This research began in December 2021. This type of research is a qualitative descriptive study with a sample of 29 people. The sampling technique was purposive sampling. Data analysis techniques interactive model of analysis. Employee performance is measured from aspects of quality, timeliness, effectiveness, independence and commitment of service personnel. The results of the study show that the performance of service employees from the quality aspect can be categorized according to applicable regulations. From the aspect of timeliness of service, it can be categorized as appropriate although there are still a few obstacles, from the aspect of service effectiveness it can be categorized as effective, although there are still a few problems related to delays. Aspects of independence in service are categorized as independent, friendly and polite in serving visitors, sometimes there are also obstacles when the officers are tired so they become impatient. From the aspect of commitment to service, it can be categorized as having a high commitment because it is the responsibility of ASN to serve the community.As for the recommendations that have been set, it is to increase the ability of service officers by including education and training for data entry officers, both through software and hardware training so that later they do not encounter obstacles at work. Always holding guidance and evaluation for smooth service, trying to provide excellent service to visitors and always guarding the security of comfort for visitors.

References

Ali, Faried. (2011). Teori dan Konsep Administrasi: Dari Pemikiran Paradigmatik Menuju Redefinisi. Jakarta; Rajawali Pers.

Mangkunegara, AA Anwar, Prabu. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moeheriono. (2014). Pengukuran KinerjaBerbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia. Indonesia.

Moleong, J, Lexy.(2018).Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta; Pustaka Pelajar

Dian, Utomo. Sad. 2010. Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan teknik penyusunan Skripsi. Jakarta; Rineka Cipta.

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya

. Bandung; Mandar Maju.

Irawan, Prasetya. 2012. Materi Pokok Metodologi Penelitian Administrasi. Tangerang Selatan; Universitas terbuka.

Miftah Thoha. 2010. Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Jakarta; Kencana

Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta; Bumi Aksara.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuatitatif dan Kualitatif. Yogyakarta; Graha Ilmu.

Ilyas. (2012). Teori, Penilaian dan Penelitian Kinerja. Cetakan Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.

Keputusan Menpan No. 81 Tahun 1993 Tentang bentuk pelayanan umum di instasi pemerintah di pusat, di daerah, dilingkungan Badan Usaha Milik Negara/Daerah.

Prasetyo, A. S., & Ambarwati, L. (2021). PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA UMKM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 1(1), 73–84. https://doi.org/10.32477/jrabi.v1i1.320

Sulastiningsih, S., Prasetyo , A. S., & Suprihatin, E. (2022). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT KEJAJAR 1 WONOSOBO (PERIODE 2016-2020). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(4), 1181 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i4.617

Tjahjono, A., Setyawan, Y. A., & Prasetyo, A. S. (2022). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING : STUDY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA DI BEI PERIODE 2016-2020. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(3), 956 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.576

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Azizah, D. D. N., & Nugroho, M. A. S. (2023). EVALUASI KINERJA PEGAWAI BAGIAN PELAYANAN KTP ELEKTRONIK DI KANTOR KECAMATAN KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG. Jurnal Riset Mahasiswa, 1(1), 33–47. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jurima/article/view/756