EVALUASI KINERJA PEMERIKSA PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA MAGELANG
Keywords:
evaluation, performance, tax examinerAbstract
This study uses a descriptive qualitative approach. The informants used in this study were 3 people consisting of 1 Head of Audit Section and 2 tax auditors at KPP Pratama Magelang. Data analysis uses interactive model data as proposed by Miles and Huberman (2002) which includes three components, including data reduction, data presentation, conclusion drawing or verification. The performance of the Tax Auditor at KPP Pratama Magelang is still not optimal, the reason being that there are several obstacles in the implementation of the tax audit, namely: multi-interpretation tax regulations; high routine inspection load; revenue targets are too high; lack of quantity and quality of Tax Auditor Functional; and the lack of support for official vehicles and operational funds in the implementation of tax audits. Efforts to improve the performance of tax auditors at KPP Pratama Magelang are tax regulations must be prepared by taking into account the principles of clarity, certainty and simplicity so as to minimize the emergence of different interpretations (multi interpretation); additional quantity and quality of Tax Auditor Functional; improving tax services both directly and online; and provision of official vehicles for the implementation of audits and separation of operational tax audit funds.
References
Amanah. (2017). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Norma Sosial, Kepercayaan Pada Pemerintah. Sukoharjo: Jurnal Akuntansi dan Pajak STIE AAS.
Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Handoko, (2010). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Hernawanto, Gunawan. (2019). Penilaian kinerja pemeriksa pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu. Jakarta: UI
Kasih, Rindu Bunga. (2019). Evaluasi kinerja unit pelaksana pemeriksaan pajak dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak di KPP Pratama Madiun (tahun 2020-2018). Surakarta: UNS .
Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 545/KMK.04/2000 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Pajak.
Mangkunegara. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mardiasmo. (2018). Perpajakan, Edisi Revisi Tahun 2018. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Mersiana. (2020). Analisis Kinerja Petugas Pemeriksa Pajak. Jakarta: Jurnal Akuntansi Palapa Nusa.
Miles, M. B. ,Huberman, M.(1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia .
Nawawi, Hadari. (2006). Evaluasi dan manajemen kinerja di lingkungan perusahaan dan industri . Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.
Octami, Lastri. (2018) .Kinerja Pemeriksa Pajak Yang Di Determinasi Oleh Profesionalisme Pemeriksa Pajak Dan Teknologi Informasi .Yogyakarta: Unikom.
Republik Indonesia. (2009). Undang-undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Perubahan keempat atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.
Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.03/2013 Sebagaimana Telah Diubah Dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 184/PMK.03/2019 tentang Tata Cara Pemeriksaan Pajak.
Republik Indonesia. (2000). Keputusan Menteri Keuangan Nomor 545/KMK.04/2000 tentang Tata Cara Pemeriksaan Pajak.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Rahayu, Siti Kurnia. (2013). Perpajakan Indonesia: Konsep & Aspek Formal.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Resmi. (2021). Perpajakan: Teori dan Kasus Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Santuo.(2019). Kinerja Pemeriksa Pajak: Tiga Variabel Penjelas Pencapaian Target Pajak Optimal .Makasar: STIALAN .
Satori Djam'an, Aan Komariah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wirawan B., Burton Richard. (2013). Hukum Pajak, Edisi 5 Jakarta: Salemba Empat .
Wulandari, Tuti. (2019). Pengaruh Penyuluhan Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kesadaran Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan). Jom FEKON Vol.2 No. 2 Oktober 2019. Pekanbaru: Faculty of Economics Riau University.
Yeni, Rahma. (2013). Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak yang Dimoderasi oleh Pemeriksaan Pajak Pada KPP Pratama Padang . Padang: Universitas Negeri Padang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kresi Meirawati, Muda Setia Hamid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.