EVALUASI KINERJA KARYAWAN PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA MAGELANG
DOI:
https://doi.org/10.32477/jurima.v1i2.828Keywords:
Employee Performance Evaluation, HR, TrainingAbstract
Kinerja yang baik akan tercapai jika kinerja karyawan mengalami kemajuan atau peningkatan. penelitian ini untuk memperoleh gambaran yang mendalam tentang Kinerja Karyawan Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif , subjek penelitian ini adalah karyawan sedangkan objeknya adalah kinerja karyawan, pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi,analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian adalah : 1). Kondisi kinerja karyawan saat ini dirasa belum maksimal, hal ini dapat ditunjukkan oleh kinerja karyawan yang mengalami keterlambatan menyelesaikan kegiatan, dan membutuhkan waktu banyak saat melaksanakan kegiatan. 2). Peyebab kinerja belum maksimal dikarenakan masih banyak kegiatan yang mendadak dari pusat sehingga kegiatan perencanaan tahunan menjadi terkendala saat sedang melaksanakan kegiatan tahunan, kurangnya sumberdaya manusia dalam melakukan kegiatan administrasi, keuangan dan perencanan, sehingga membutuhkan waktu Panjang untuk menyelesaikannya. Dengan kurangnya sumber daya manusia menjadikan tumpang tindih suatu tugas yang dibebankan kepada karyawan, 3). Upaya meningkatkan kinerja yaitu agar bisa mengoptimalkan kegiatan yang terencana tiap tahunnya, sehingga capaian kinerja tiap tahunnya bisa tercapai dan membagi tugas-tugasnya sesuai dengan keahliannya, saling mensuport, memberi tambahan wawasan dan mendukung di setiap karyawannya. Seharusnya melakukan kegiatan sesuai dengan perencanaan tahunan sebagai prioritasnya dan saling mensupport dalam kegiatannya, perlunya sumber daya manusia sebagai kebutuhan, serta diadakan diklat atau pelatihan sebagai wawasan dalam meningkatkan kinerjanya.
Good performance will be achieved if employee performance progresses or increases. This research is to obtain an in-depth picture of Employee Performance at the Office of Community Empowerment, Women, Child Protection, Population Control and Family Planning in Magelang City. This type of research is descriptive research with a qualitative approach, the subject of this research is employees while the object is employee performance, data collection uses interviews, observations, and documentation, data analysis used is data reduction, data presentation and data verification. Based on the research results are: 1). The current condition of employee performance is not optimal, this can be shown by the performance of employees who experience delays in completing activities, and require a lot of time when carrying out activities. 2). The cause of the performance is not maximized because there are still many sudden activities from the center so that annual planning activities become constrained when carrying out annual activities, lack of human resources in carrying out administrative, financial and planning activities, so it takes a long time to complete. With a lack of human resources, overlapping tasks assigned to employees, 3). Efforts to improve performance, namely in order to optimize activities that are planned every year, so that annual performance achievements can be achieved and divide their tasks according to their expertise, support each other, provide additional insight and support each employee. Should carry out activities in accordance with annual planning as a priority and support each other in their activities, the need for human resources as a requirement, as well as training or training as an insight in improving their performance.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assery, S., Tjahjono, H., & Palupi, M. (2015). Perencanaan Sumberdaya Manusia Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2), 419-428. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3740
Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Bernardin, H.J. & Russel, J.E.A (1993). Human Resource Management an experiental approach. Singapore: Mc Graw-Hill, Inc
Chairul Saleh, Syeh Assery and Nur Rachman Dzakiyullah, 2018. Supply Chain: Partnership, Capability and Performance (A Case Study on Service Companies at Yogyakarta Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 13: 5391-5394. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2018.5391.5394
Chairul Saleh, Syeh Assery, Sabihaini and Sri Suryaningsum, 2017. Supply Chain Management in Service Companies (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3858-3860. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3858.3860
Handoko, T. Hani. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu, S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarat: Bumi Aksara.
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mangkunegara. (2011). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung : Remaja. Rosdakarya.
Manulang, 2002, Manajemen Personalia, Jakarta ; Ghalia Indonesia.
Mariam, R. (2009). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Sebagai Variabel Intervening Studi Pada Kantor Pusat PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero). Universitas Diponegoro.
Marwansyah. (2016). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Bandung: Alfabeta.
Mathis, R.L. & J.H. Jackson. (2006). Human Resource Management: Manajemen Sumber. Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat
Mathis, Robert L. Dan John H Jackson. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alih Bahasa Jimmy Sadeli, dkk. Jakarta: Rajagrafindo
Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya
Munparidi, M. (2012). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi Kota Palembang. Orasi Bisnis: Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga, 7(1).
Novitasari, D., Riani, A. L., Suyono, J., & Harsono, M. (2021). The moderation role of ethical leadership on organisational justice, professional commitment, and organisational citizenship behaviour among academicians. International Journal of Work Organisation and Emotion, 12(4). https://doi.org/10.1504/IJWOE.2021.120718
Nur Feriyanto, Syeh Assery, Chairul Saleh and Sri Suryaningsum, 2017. A Little Aspect of Misbehavior in Organization (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3870-3872. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3870.3872
Pramudyo, Anung. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Negeri Dipekerjakan pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi. Vol.1 No.1.
Priyastiwi, P., & Halim, A. (2018). The Influence of Supervisors Support and Protection Against Whistleblowing Decision in The Organizations of Local Government In Indonesia. The Indonesian Journal of Accounting Research, 21(03). https://doi.org/10.33312/ijar.362
Purnama, Y. H., Tjahjono, H. K., Assery, S., & Dzakiyullah, N. R. (2020). The relationship of organizational justice on job satisfaction and job performance in banking company. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).
Simamora, B. (2002). Aura merek. Gramedia Pustaka Utama.
Simamora, B. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YPKN. Yogyakarta.
Simanjuntak. (2005). Manajemen Dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi. Universitas Indonesia.
Stoner, A.F, James dan Edward Freeman. (1996). Manajemen Jilid I, terj. Alexander. Sindoro, Jakarta: PT Prahallindo.
Subandi, S., & Hamid, M. S. (2021). STUDENT SATISFACTION, LOYALTY, AND MOTIVATION AS OBSERVED FROM THE SERVICE QUALITY. Journal of Management and Islamic Finance, 1(1). https://doi.org/10.22515/jmif.v1i1.3552
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartono, S., Sulastiningsih, S., Chasanah, U., Widiastuti, N. and Purwanto, W. (2023) “The Relationship of Leadership, Discipline, Satisfaction, and Performance: A Case Study of Steel Manufacture in Indonesia”, International Journal of Professional Business Review. São Paulo (SP), 8(2), p. e01146. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i2.1146.
Supatmi, M. E., Nimran, U., & Utami, H. N. (2013). Pengaruh pelatihan, kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan dan kinerja karyawan. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1).
Suyadi Prawirosentono.(1999). Manajemen sumber Daya Manusia ( Kebijakan Kinerja Karyawan), Kiat membangun Organisasi Kompetitif menjelang Perdagangan Bebas Dunia, Edisi Pertama. Yogyakarta;BPFE
Tika, H. Moh. Pabundu. (2006). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Cetakan Pertama. Jakarta : PT. Bhumi Aksara.
Wibowo. (2009). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widiari, I. A. R., & Darma, G. S. (2017). Evaluasi Kinerja Pegawai Kontrak Melalui Tujuh Kompetensi Spencer Pada Pelayanan Denpasar Sewerage Development Project (DSDP). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(2), 360-367.
Wikaningtyas, S. U., Tjahjono, H. K., & Suprihanto, J. (2023). Turnover Intention Model: Self -Determination Theory Approach. Quality - Access to Success, 24(194). https://doi.org/10.47750/QAS/24.194.20
Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan. Penelitian. Jakarta. Penerbit: Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agung Ahmad Hari Fransetyo, Muda Setia Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.