PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN DAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI KANTOR PELAYANAN PAJAK YOGYAKARTA DENGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) SEBAGAI MEDIASI
Keywords:
Motivation, Technology Acceptance Model (TAM), Satisfaction, ProductivityAbstract
In the midst of an increasingly rapid world change, The Directorate General of Taxes (DGT) is required to be able to keep abreast of developments and always try to be one step ahead, both in terms of service quality and technological developments in order to provide more effective and efficient services to the public in carrying out their duties collect optimal state revenue. This study attempts to analyze the correlation between motivation, satisfaction, productivity and the Technology Acceptance Model (TAM) at KPP Pratama Yogyakarta by analyzing and testing the relationship between satisfaction and productivity variables with a focus on motivation mediated by TAM. The results of the study show that motivation has a positive effect on job satisfaction and TAM. TAM has a positive effect on job satisfaction and productivity. However, motivation does not have a direct effect on employee productivity at KPP Pratama Yogyakarta.
References
Amalya, S. R., Basalamah, M. S. A., Kamidin, M., Murfat, M. Z., dan Taufan, R. R. (2021), “Pengaruh Penggunaan Teknologi Dan Produktivitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Pada Studi PT. PLN (Persero) UP3 Makassar Selatan”, Center of Economic Students Journal, 4(2), 56-61.
Amirkhani, Amirhossein., Zeinab, Salehahmadi., Elham, Kheiri., dan Fateme, Hajialiasgari (2011), “The TAM Models Application in Technology Transition. Interdisciplinary”. Journal of Contemporary Research in Business. Vol.3 No.3. ijcrb.webs.com.
Amrullah, M. Y., dan Seno A.H.D (2018), “Pengaruh Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan di Divisi Body dan Rangka CV. Laksana”, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(4): 236-247.
Andersen, J.C., dan Gerbing, D.W (1984), “The Effect of Sampling error on convergence, improper solution, and goodness of fit indices for maximum likehood confirmatory factor analysis”, Psychometrika, 49:155-173.
Croswell, J.W (2017), Research Design : Pendekatan Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Danim, S.(2004), Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Davis, F.D (1989), “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology”. MIS Quarterly, 73 (3), pp. 319-340.
Dayani, J., dan Kadang, C. D. (2020), “Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Citra Harapan Anugrah”, Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 969-976.
Ferdinand, A (2002), Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen:Aplikasi Model-model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis S-2 dan Disertasi S-3. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam (2004), Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS Ver. 5.0, Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Hafizurrachman (2009), “Kepuasan Pasien dan Kunjungan Rumah Sakit”, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional 4(1).
Hasibuan, M. (2017), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.
Hasmiah, H., Echdar, S., dan Maryadi, M. (2020), “Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi terhadap Kepuasan Pegawai melalui Motivasi Kerja pada Kantor Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan”, Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 1(2): 233-242.
Husain, T (2017), “Analisis Determinan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Software Audit”, Jurnal Ilmiah Matrik, 19(2), 131-150.
Imtiyaz, D. F., dan Supriyatin, S (2020), “Pengaruh motivasi, kompensasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Labora Duta Anugrah Surabaya”, Jurnal Ilmu dan Penelitian Manajemen (JIRM), 9(6): 1-18.
Jogiyanto (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi: Pedoman dan Contoh Melakukan Penelitian di Bidang Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Johnson, M. W., Hately, A., Miller, B. A., dan Orr, R (2007), “Evolving standards for IT service management”. IBM Systems Journal, 46(3), pp. 583-597.
Juliarsa, dan Kasandra (2016), “Pengaruh Kualitas Penerapan Sia, Pemanfaatan Dan Kepercayaan Teknologi Informasi Pada Kinerja Karyawan”, E-Jurnal Akuntansi, 14(1), 539–547.
Kimantoro Petrus (2012), Siapkan Strategi Tingkatkan Penerimaan Pajak. http://hukumonline.com.
Kristi, B. N (2020), “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Perilaku Pengguna Dan Niat Untuk Merekomendasikan Aplikasi Ovo”. Universitas Sanata Darma.
Kurniawan, Agung (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.
Kurniawan. D (2015), “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANFORMASIONAL DAN KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT. SPORT GLOVE INDONESIA”, Universitas Negeri Yogyakarta.
Kurniawati, O., Aribowo, H., dan Wirapraja, A (2022), “Pengaruh Motivasi Dalam Bekerja dan Technology Acceptance Model Sebagai Mediasi Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Komparasi Pada Mitra Go-Jek dan Grab di Surabaya)”. Teknika, 11(1), 69-76.
Laisa, F. Z., dan Monoarfa, V (2018), “Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Primarindo Kencana (Hotel Maqna By Prasanty Gorontalo)”, JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1(2), 180-190.
Lukito, R. (2020), “Pengaruh Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja pada Produksi PVC di UD. Untung Jaya Sidoarjo”, Agora, 8(2).
Lusri dan H. Siagian, “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan Pt . Borwita Citra Prima Surabaya,” Agora, vol. 5, no. 1, pp. 2–8, 2017.
Mariana Lestari, Kertahadi dan Imam Suyadi (2013), “Efektivitas Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 6 No. 2.
Mulia, R. A., dan Saputra, N (2020), ”Kontribusi Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Agam”, Ensiklopedia Social Review.2(1): 20-28.
Nasution, H. F (2016), “Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif”. Al- Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59-75.
Nur Feriyanto, Syeh Assery, Chairul Saleh and Sri Suryaningsum, 2017. A Little Aspect of Misbehavior in Organization (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3870-3872. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3870.3872
Nurhayati et. al. (2016), “Pengaruh Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja Dan Loyalitas Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus Pada PT. Perwirabhakti Sentrasejahtera Di Kota Semarang)”, Journal of Management, 2(2): 1–24.
Purnama, R (2008), “Pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada bagian produksi CV. Epsilon Bandung”, Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 8(2), 58-72.
Purnama, Y. H., Tjahjono, H. K., Assery, S., & Dzakiyullah, N. R. (2020). The relationship of organizational justice on job satisfaction and job performance in banking company. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).
Rachmasari, P (2021), “Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan”, Kinerja, 3(02): 213-229.
Raharjo, A. T., dan Prasetyo, A (2016), “Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan Sopp Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dengan Pendekatan Tam”, Jurnal Sistem Informasi, 5(2), 129-138.
Resfiana (2019), “Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Aparatur Nagari dalam Pengelolaan Keuangan Nagari”, JESS (Journal of Education on Social Science), 3(1), 91-100.
Retriana B., Cahyono, Y. T., dan MM, A (2013), “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Individual Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri”, Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Riandi, R., dan Kurniawan, I (2021), “Analisis Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Tenaga Penjualan Pada Bank Cimb Niaga Pekanbaru”, Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3): 347-354.
Rifa'i, M., Sela, R., dan Sayekti, R. N. S (2021), “Kompensasi Dan Motivasi Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening”, J-MACC: Journal of Management and Accounting, 4(1): 42-56.
Robbins, S. P., dan Judge, T. A (2015), Perilaku Organisasi (Organizational Behavior), Edisi 16, Jakarta: Salemba Empat.
Rofiq, Ainur (2007), “Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce di Indonesia)”, Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Malang.
Rosmaini, R., & Tanjung, H. (2019), “Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai”, Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1): 1-15.
S. Sugiono (2020), “Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0,” J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komun., vol. 22, no. 2, pp. 175–191.
Santosa, J., Mahendra, D., dan Pamungkas, A. R. (2019), “Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Pegawai Dan Kinerja Pegawai Di Pemerintah Kabupaten Grobogan”, Journal of Indonesian Science Economic Research, 1(1), 37-44.
Sarwani, dan Husain, T. (2021), “The Firm's Value Empirical Models in Automotive and Components Subsectors Enterprises: Evidence from Developing Economy”, Journal of Governance and Regulation, 10(1), 83-95.
Sarwono, Jonathan (2010), Pengenalan Dasar Structural Equation Modeling (SEM). http://www.jonathansarwono.info.
SE-19/PJ/2007, Tanggal 13 April 2007 Tentang Persiapan Penerapan Administrasi Perpajakan Modern pada Kantor Wilayah dan Pembentukan KPP Pratama di Seluruh Indonesia Tahun 2007-2008.
Sedarmayanti. (2001), Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: Mandar Maju.
Siagian, Sondang P (2008). Manejemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Enam Belas, Jakarta: Bumi Aksara.
Subandi, S., & Hamid, M. S. (2021). STUDENT SATISFACTION, LOYALTY, AND MOTIVATION AS OBSERVED FROM THE SERVICE QUALITY. Journal of Management and Islamic Finance, 1(1). https://doi.org/10.22515/jmif.v1i1.3552
Subowo, M. H. (2020), “Pengaruh Prinsip Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Aplikasi Ojek Online XYZ”, Walisongo Journal of Information Technology, 2(2), 79-92.
Sugiantara dan Putra. (2017), “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Di Dispenda Kota Denpasar”, E-Jurnal Akuntansi, 20(3), 2509–2538.
Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: PT Alfabet.
Suhartono, S., Sulastiningsih, S., Chasanah, U., Widiastuti, N. and Purwanto, W. (2023) “The Relationship of Leadership, Discipline, Satisfaction, and Performance: A Case Study of Steel Manufacture in Indonesia”, International Journal of Professional Business Review. São Paulo (SP), 8(2), p. e01146. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i2.1146.
Supomo, Bambang dan Indriantono, Nur, (1998), “Pengaruh Struktur dan Kultur Organisasional terhadap Keefektifan Anggaran Partisipatif dalam Peningkatan Kinerja Manajerial: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Indonesia”, Kelola No. 18/VIII.
Sutra, P. (2020), “Pengaruh Efektivitas, Pemanfaatan dan Kesesuaian Tugas Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Di Desa Panjer”, TIERS Information Technology Journal, 1(1), 19–24.
Thamrin, M. F., Semmaila, B., dan Aminuddin, A. (2020), “Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Salo Cabang Pinrang”, PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(2): 147-156.
Utami, S. (2019), “Penerapan Metode Techology Acceptance Model Pada Penilaian Kinerja Karyawan”, Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7(2).
Vahdat, A., Alizadeh, A., Quach, S., dan Hamelin, N, (2021), “Would You Like to Shop Via Mobile App Technology? The Technology Acceptance Model, Social Factors and Purchase Intention”. Australasian Marketing Journal, 29(2), 187-197.
Wardani, R. (2017), “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Motivasi Kerja Pada Pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Barat”, Valid: Jurnal Ilmiah, 14(2): 102-117.
Widarjono, Agus., (2010), Analisis Stastistika Multivariat Terapan, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Wijonarko, G., dan Wirapraja, A, (2022), “Pengaruh Green Human Resource Management Terhadap Peningkatan Kepuasan Kerja dan Produktivitas Karyawan Melalui Perspektif Technology Acceptance Model (TAM)”, KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 2(1), 13-22.
Yogyakarta Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 13: 5391-5394. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2018.5391.5394
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rachmadany Kusumaningsih, Suci Utami Wikaningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.