STRATEGI PENINGKATAN KINERJA ANGGOTA POLRI SEKSI KEUANGAN POLRESTA YOGYAKARTA

Authors

  • Aris Yuni Setiawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Muhammad Awal Satrio Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Selamat Riauwanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Strategy, performance

Abstract

Keberhasilan kinerja Polri sangat didukung oleh Sumber Daya Manusia yang kompeten dalam melaksanakan program-program kerja, salah satunya adalah anggota Polri Seksi Keuangan Polresta Yogyakarta. Seksi keuangan Polresta Yogyakarta merupakan faktor kunci dalam pengelolaan keuangan di tingkat Polresta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja dan merumuskan strategi peningkatan kinerja Anggota Polri Seksi Keuangan Polresta Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah 3 informan melalui wawancara. Objek penelitian adalah Strategi Peningkatan Kinerja Anggota Polri Seksi Keuangan Polresta Yogyakarta. Analisis Data menggunakan data model interaktif sebagaimana yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan analisis SWOT. Hasil penelitian Strategi peningkatan kinerja Anggota Polri Seksi Keuangan Polresta Yogyakarta adalah Strategi SO yaitu dengan meningkatkan kerjasama serta peningkatan kualitas SDM bidang Keuangan, Strategi WO yaitu dengan meningkatkan pelatihan bidang keuangan kemudian penataan program dan kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi unit kerja Seksi Keuangan, Strategi ST yaitu dengan meningkatkan pemahaman masyarakat serta meningkatkan komunikasi dengan masyarakat dan Strategi WT yaitu dengan membangun  dan  mendayagunakan  sistem  informasi yang terintegrasi serta mengoptimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan tugas dalam bidang keuangan dan pelaporan keuangan.
The success of Polri's performance is greatly supported by human resources who are competent in carrying out work programs, one of which is a member of the Polri Finance Section of the Yogyakarta Police. The Yogyakarta Polresta finance section is a key factor in financial management at the Polresta. This study aims to identify the performance and formulate a strategy to improve the performance of members of the Indonesian National Police in the Finance Section of the Yogyakarta Police. This research is a qualitative research with research subjects are 3 informants through interviews. Data Analysis uses an interactive data model and a SWOT analysis. The results of the research strategy for improving the performance are the SO Strategy: increasing cooperation and improving the quality of HR in the Finance sector, the WO Strategy: increasing training in the financial sector, then structuring programs and activities in accordance with the main mandate and functions of the Finance Section work unit, Strategy ST: increasing public understanding and improving communication with the community and the WT Strategy: building and utilizing an integrated information system and optimizing the use of facilities and infrastructure in carrying out tasks in the field of finance and financial reporting.

References

Agus Predi Muharom, (2020), Strategi Peningkatan Kinerja Anggota Kepolisian Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tasikmalaya Kota, https://administrasiku.com/index.php/jakp/article/view/29, tanggal akses 2 Januari 2023

As'ad, (2000), Seri Ilmu Sumber Daya Manusia Psikologi Industri, Edisi. Keempat, Yogyakarta: Liberti

Ayu Andira, (2022), Strategi Peningkatan Kinerja Kepolisian Dalam Memberikan Pelayanan Publik Di Kepolisian Sektor Galesong Kabupaten Takalar, https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index, tanggal akses 2 Januari 2023

Brahmasari Ida Ayu, (2004), Pengaruh Variabel Budaya Perusahaan terhadap Komitmen Karyawan dan Kinerja Perusahaan Kelompok penerbitan Pers Jawa pos, Disertai Universitas Airlangga Surabaya.

Dody Ramayana, (2018), Optimalisasi Kinerja Fungsi Bhabinkamtibmas Di Lingkungan Polsek Sumedang Selatan, Polsek Sumedang Utara, Dan Polsek Cimalaka, http://www.jurnalptik.id/index.php/JIK/article/view/161, tanggal akses 2 Januari 2023

Hasibuan, Malayu S.P, (2006), Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara

Mangkunegara Anwar Prabu, (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Keenam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman, (2012), Analisis Data Kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta: Universitas Indonesia Press

Nur Feriyanto, Syeh Assery, Chairul Saleh and Sri Suryaningsum, 2017. A Little Aspect of Misbehavior in Organization (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3870-3872. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3870.3872

Peraturan Kapolri Nomor 23 Tahun 2010, Polisi Resort (Polres) dan Sektor (Polsek)

Purnama, Y. H., Tjahjono, H. K., Assery, S., & Dzakiyullah, N. R. (2020). The relationship of organizational justice on job satisfaction and job performance in banking company. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).

Rangkuty, Fredy, (2006), Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Robbins, Stephen, (2006), Perilaku Organisasi, edisi kesepuluh, Jakarta: PrenticeHall

Salusu, J. (2006), Pengambilan Keputusan Strategik untuk OrganisasiPublik an Organisasi non Profit, Jakarta : PT Grasindo.

Sedarmayanti, (2014), Manajemen Strategi, Bandung: PT Refika Aditama

Subandi, S., & Hamid, M. S. (2021). STUDENT SATISFACTION, LOYALTY, AND MOTIVATION AS OBSERVED FROM THE SERVICE QUALITY. Journal of Management and Islamic Finance, 1(1). https://doi.org/10.22515/jmif.v1i1.3552

Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta

Suhartono, S., Sulastiningsih, S., Chasanah, U., Widiastuti, N. and Purwanto, W. (2023) “The Relationship of Leadership, Discipline, Satisfaction, and Performance: A Case Study of Steel Manufacture in Indonesia”, International Journal of Professional Business Review. São Paulo (SP), 8(2), p. e01146. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i2.1146.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia

Vita Mayastinasari, (2019), Strategi Pengelolaan Kinerja untuk Mewujudkan Polri Promoter, http://www.jurnalptik.id/index.php/JIK/article/view/161, tanggal akses 2 Januari 2023

Wibowo, (2012), Manajemen Kinerja (Edisi Ke 3), Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Setiawan, A. Y., Nugroho, M. A. S., & Riauwanto, S. (2024). STRATEGI PENINGKATAN KINERJA ANGGOTA POLRI SEKSI KEUANGAN POLRESTA YOGYAKARTA. Jurnal Riset Mahasiswa, 2(1), 22 –. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jurima/article/view/881