UPAYA OPTIMALISASI KINERJA ACCOUNT REPRESENTATIVE DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KECAMATAN BOROBUDUR

Authors

  • Sutan Pangeran Panangian Siagian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Meidi Syaflan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Rufaida Setyawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

account representative performance, taxpayer compliance

Abstract

The purpose of this study is to determine and analyze Account Representative Performance and what factors affect Account Representative Performance in increasing taxpayer compliance in Borobudur District, and Account Representative efforts to improve taxpayer compliance in Borobudur District. The type of this research is descriptive research with a qualitative approach. Primary data is taken directly from the research location through interviews (Indeepth Interview) to respondents, secondary data is in the form of written documents from the Government, such as secondary data about the organizational structure of the Magelang Tax Office. The data analysis technique used in this study is an interactive model of analysis, consisting of data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the performance of Account Representatives at Magelang Tax Office with an imbalance between the number of Account Representatives and the number of Taxpayers could still be handled properly by the Account Representative. The existence of ability, communication, initiative, punctuality and good quality of work as well as a good individual and organizational environment strongly supports the implementation of the work program that has been planned and is able to achieve its targets.

References

Adriani (2014), Teori Perpajakan, Jakarta: Salemba Empat

Armstrong, Michael dan Angela Baron (2000). “Performance Management” London: Institute of Personel and Development, hal 15

Badan Pusat Statistik (2021), Kecamatan Borobudur dalam Angka 2021

Handayaningrat, Suwarno (1982), Administrasi Pemerintahan Dalam Pembangunan Nasional, Jakarta: PT. Gunung Agung

Laporan Kinerja KPP Pratama Magelang, Tahun 2021

Mangkunegara, Anwar Prabu (2005), Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama

Mangkunegara, Anwar Prabu (2011), Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosda Karya

Mathis, Robert L. dan Jackson John H (2006), Human Resources Management, Jakarta: Salemba Empat

Nur Feriyanto, Syeh Assery, Chairul Saleh and Sri Suryaningsum, 2017. A Little Aspect of Misbehavior in Organization (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3870-3872. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3870.3872

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia, No. 243/PMK.03/2014 Tahun 2014 tentang Surat Pemberitahuan (SPT)

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia, No. 9/PMK.03/2018 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 243/PMK.03/2014 tentang Surat Pemberitahuan (SPT)

Peraturan Menteri Keuangan, No. 184/PMK.01/2020 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.01/2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak

Peraturan Menteri Keuangan, No. 45/PMK.01/2021 Tahun 2021 tentang Account Representative pada Kantor Pelayanan Pajak

Peraturan Menteri Keuangan, No. 55/PMK.01/2007 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak

Peraturan Menteri Keuangan, No. 79/PMK.01/2015 Tahun 2015 tentang Account Representative pada Kantor Pelayanan Pajak

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil 70

Purwono, Herry (2010), Dasar-Dasar Perpajakan dan Akuntansi Pajak, Jakarta: Penerbit Erlangga

Robbins, Stephen P (2006), Perilaku Organisasi, Jakarta: PT Indeks, Kelompok Gramedia

Salam, Dharma Setyawan (2004), Manajemen Pemerintahan Indonesia, Jakarta: Penerbit Djambatan

Sedarmayanti (2001), Manajemen Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: CV. Mandar Maju

Sedarmayanti (2010), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Refika Aditama

Simanjuntak, Payaman J (2005), Manajemen dan Evaluasi Kinerja, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI

Sudarmanto (2009), Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV.Alfabeta

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, Tahun 1945

Undang-Undang Republik Indonesia, No. 28 tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan

Wahdi, K (2018), “Evaluasi Kinerja Account Representative pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara,” Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, Vol 2, hal 44-58

Waluyo (2011), Perpajakan Indonesia, ed. 10, Jakarta: Salemba Empat

Wibowo (2007), Manajemen Kinerja, ed. 3, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Widjaja, A.W. (2006), Administrasi Kepegawaian, Jakarta: Rajawali

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Siagian, S. P. P., Syaflan, M., & Setyawati, R. (2024). UPAYA OPTIMALISASI KINERJA ACCOUNT REPRESENTATIVE DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KECAMATAN BOROBUDUR. Jurnal Riset Mahasiswa, 2(1), 107–. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jurima/article/view/886