EVALUASI KINERJA PETUGAS PELAYANAN SANTUNAN KEMATIAN DI BAGIAN KESRA SETDA KOTA MAGELANG
Keywords:
Performance, Officer, Service, Compensation, DeathAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja petugas pelayanan santunan kematian Bagian Kesra Setda Kota Megelang. Penelitian dilakukan bulan Desember 2021. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data wawancara. Teknik analisis data Interactive Model of Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja petugas pelayanan pelayanan Santunan kematian di Bagian Kesra Setda Kota Magelang saat ini belum maksimal disebabkan masih masih terjadi beberapa kendala yaitu seperti terlalu banyak persyaratannya, sehingga memerlukan waktu yang lama bahkan sampai lebih dari satu bulan. Selain itu, verifikasi berkas yang dilakukan oleh pegawai masih terlalu lama sehingga menyebabkan prosespemberian santunan mengalami keterlambatan dan penetapan penerima oleh Wali Kota juga masih lama. 2) Kendala yang dihadapi oleh masyarakat Kota Magelang menunjukkan solusi yang diberikan oleh petugas pelayanan Santunan kematian di Bagian Kesra Setda Kota Magelang kurang maksimal. Hal ini dikarenakan masih terjadi kelamaan dalam proses verifikasi berkas santunan kematian sehingga lambat diterima oleh masyarakat yang mengalami musibah kematian. 3) Upaya untuk meningkatkan kinerja petugas pelayanan santunan kematian di Bagian Kesra Setda Kota Magelang yang diharapkan oleh masyarakat Kota Magelang yaitu meningkatkan kecepatan dalam pelayanan seperti percepatan verifikasi, penyediaan sarana prasarana dan kecepatan dalam pengesahan berkas. Percepatan dalam pelaksanaan pencairan sehingga santunan kematian tersebut dapat dinikmati pada saat prosesi kematian.
This study aims to improve the performance of death compensation service officers at the Regional Secretariat of the Megelang City Welfare Section. The research was conducted in December 2021. This type of research is descriptive qualitative. Interview data collection techniques. Data analysis techniques Interactive Model of Analysis. The results of the study indicate that: 1) The performance of death compensation service officers in the Welfare Section of the Regional Secretariat of Magelang City is currently not optimal because there are still some obstacles, such as too many requirements, so it takes a long time even more than one month. In addition, the verification of files carried out by employees is still too long, causing the process of providing compensation to experience delays and the determination of recipients by the Mayor is also still taking a long time. 2) The obstacles faced by the people of Magelang show that the solutions provided by the death compensation service officer at the Welfare Section of the Regional Secretariat of Magelang City are not optimal. This is because it is still happening too late in the process of verifying the death compensation file so that it is slow to be accepted by people who experience death. 3) Efforts to improve the performance of death compensation service officers in the Welfare Section of the Magelang City Secretariat which is expected by the people of Magelang City, namely increasing speed in services such as acceleration of verification, provision of infrastructure and speed in document validation. Acceleration in the implementation of disbursement so that the death compensation can be enjoyed at the time of the death procession.
References
Aini, N. (2017). Evaluasi Kinerja Pegawai Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Dalam Perspektif Good Governance. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik, 2.
Amstrong, M., & Baron, A. (1998). Performance management hand book. London: IPM. Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Balik Nama Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 2.
Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Bernardin, H. &. (1993). Human Resource Management an Experiental Approach.
Cipta.
Handoko, T. H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Jakarta: Salemba Empat.
Kasmir. (2017). Customer Services Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kotler, P., & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran (14 ed.). (B. Sabran, Trans.) Jakarta: Erlangga.
kreitner, R., & Kinicki, A. (2001). Organizational Behavior. McGraw Hill.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Mangkunegara, A. A. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mangkunegara. (2011). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mathis, R. &. (2006). Human Resource Management. (D. Angelia, Trans.) Jakarta: Salemba Empat.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya. Nasution, F. R. (2014). Evaluasi Kinerja Pegawai Kantor Samsat Dalam Pelayanan Bea
Negeri Dipekerjakan pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi, 1.
Newstrom, J., & Davis, K. (1993). Human Behavior at Work. Singapore: Mc Graw Hill. Pramudyo, A. (2010). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen
Prawirosentono, S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Press. Simanjuntak. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi
Singapore: Mc Graw-Hill, Inc.
Stoner, A. J. (1996). Manajemen Jilid I. Jakarta: PT Prahallindo.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta. Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana.
Suhartono, S., Sulastiningsih, S., Chasanah, U., Widiastuti, N. and Purwanto, W. (2023) “The Relationship of Leadership, Discipline, Satisfaction, and Performance: A Case Study of Steel Manufacture in Indonesia”, International Journal of Professional Business Review. São Paulo (SP), 8(2), p. e01146. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i2.1146.
Tika, H. M. (2006). Budaya organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT. Bhumi Aksara.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Universitas Indonesia.
Utami, C. W. (2006). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern.
Wibowo. (2009). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widiari, I. A. (2017). Evaluasi Kinerja Pegawai Kontrak Melalui Tujuh Kompetensi Spencer Pada Pelayanan Denpasar Sewrage Development Project. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2.
Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fendi Kusuma Negara, Syeh Assery
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.