PENINGKATAN KAPASITAS KEWIRAUSAHAAN

Authors

  • Beta Asteria STIE Widya Wiwaha
  • Muda Setia STIE Widya Wiwaha
  • Erlina Septiyaningrum STIE Widya Wiwaha
  • Desfia Eka Putri STIE Widya Wiwaha
  • Muhammad Fadhil Adli Yanuar STIE Widya Wiwaha
  • Hasan Drajat Pangudi STIE Widya Wiwaha

Keywords:

Pengutan Kewirausahaan, Pelatihan Rice Box, Infused Water

Abstract

Pengabdian masyarakat dengan judul Penguatan Kapasitas Kewirausahaan Pada Kelompok Dasawisma Jarak di Perumahaan Minomartani. Penguatan kewirausahaan ini dilakukan melalui pelatihan kewirausahaan. Kegiatan ini bertujuan meningkat potensi ibu-ibu, untuk memperoleh wawasan tambahan dan meningkatkan jiwa kewirausahaan Ibu-ibu Dasawisma Jarak yang pada akhirnya dapat menghasilkan pendapatan tambahan. Pelatihan kewirausahaan terkait dengan pelatihan meningkatkan motivasi menjadi wirausaha. Metode Pelatihan Ibu Rumah Tangga di Perumahan Minomartani dilakukan dengan memberikan tentang Pelatihan Kewirausahaan dengan metode ceramah untuk pelatihan teori Kewirausahaan dan Pelatihan Praktek Memproduksi Rice Box dan Minuman Sehat yaitu Infused water yang dapat dijual oleh ibu-ibu dasawisma Jarak. Pemilihan Pelatihan Rice Box Sehat dan Minuman Sehat (Infused Water) dikarenakan pola hidup sehat banyak diterapkan oleh Masyarakat belakangan ini. Sehingga kebutuhan dan permintaan masyarakat akan makanan sehat semakin tinggi.

References

Faridha, Yhola Kiki Nor Dkk. 2021. Pelatihan Kewirausahaan Membuat Produk Olahan Kekinian Melalui Pemberdayaan Remaja Putri Di Dusun Salakan, Jurnal UNY.

Karmini, Ni Luh. 2012. Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga Dan PendidikanTerhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin Di Kecamatan Gianyar. E Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, Vol. 1.

Noerchoidah dkk . 2022. Penguatan Kompetensi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Sebagai Penentu Kinerja UKM. Buletin Bisnis dan Manajemen. Volume 08, No. 01 Februari.

Norman M. Scarborough. 2004. Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Front Cover. Thomas W. Zimmerer. Prentice Hall.

Susanti, Elfi VH dan Susilowati. 2016. Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Melalui Pendampingan Pelatihan dan Pendampingan Produksi Sabun dan Detergen, Jurnal UNS. Vol IV. No 2 November.

Saragih, Rintan 2017. Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. STIE LMII MEDAN. Vol 3 No. 2 Desember.

Widiantara, I Kadek. dkk 2023. Membangun Usaha Kreatif, Inovatif, Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial Pada UMKM Satyagraha Di Kabupaten Gianyar. Nusantara Hasana Journal. Vol. 3 No. 2.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Asteria, B., Setia, M., Septiyaningrum, E., Putri, D. E., Yanuar, M. F. A., & Pangudi, H. D. (2023). PENINGKATAN KAPASITAS KEWIRAUSAHAAN. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper STIE Widya Wiwaha, 1(1), 425–431. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/semnas/article/view/750