GREEN MARKETING: PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN MIE LETHEK

Authors

  • Dila Damayanti STIE Widya Wiwaha
  • Yunita Fitri Wahyuningtyas STIE Widya Wiwaha
  • M. Robi Nurwahyudi STIE Widya Wiwaha
  • Annisa Nurhasanah STIE Widya Wiwaha
  • Rakha Samboga STIE Widya Wiwaha
  • Dewi Arum Rahayuningsih STIE Widya Wiwaha

Abstract

Pengabdian ini berfokus pada mengenalkan model Green Marketing kepada para pelaku bisnis Mie Lethek khususnya yang berada di Kalurahan Trimurti Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Kegiatan pengabdian masyarakat didasari isu sampah plastik yang merupakan isu yang sangat dekat dengan masyarakat. Sifatnya sendiri tidak mudah terurai, proses pengolahannya menimbulkan toksit dan bersifat karsinogenik. Inilah yang akhirnya mempengaruhi masyarakat sehingga lingkungan pemasaran mengalami perubahan. Mengusung isu lingkungan memunculkan konsep green marketing untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memperkenalkan strategi komunikasi pemasaran pada produk Mie Lethek Bantul dalam upaya mendukung kampanye ramah lingkungan kepada konsumen. Memperhatikan kondisi aktual diatas maka kami akan melaksanakan program pelatihan kepada kelompok pelaku usaha Mie Lethek. Program ini bertujuan meningkatkan pendapatan pelaku usaha Mie Lethek agar usahanya semakin dilirik masyarakat di tengah-tengah gempuran produk mie kekinian. Tentunya hal ini bisa dicapai bila para pelaku usaha Mie Lethek Bantul memiliki pengetahuan dan keterampilan menghasilkan produk yang memiliki kriteria Green Product sehingga akan lebih kuat untuk mendukung program Green Marketing.

References

Wibowo A, Djajawinata DT. Penanganan sampah perkotaan terpadu. 2002 [diakses 24 Mei 2006]. Diunduh dalam: http://kkpl.go.id/papbook/ penanganan%20sampah%20perkotaan%20terpadu. pdf.

Polonsky, M.J., & Rosenberger, P.J. (2001). Reevaluating Green Marketing: A Strategic Approach. Business Horizons, 44(5), 21-30.

http://euissunarti.staff.ipb.ac.id/files/2012/03/Dr.-Euis-Sunarti-Potret-Buram Keluarga- Indonesia-IKK-IPB.

Herlambang, D., & Setyawan, D.Y., (2018). Legal Aspects of Business Competition on Electronic Commerce. Retrieved from https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/icitb/article/view/1384

Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan E-commerse dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. Edisi ke-VI:2085-1375.

Kothler 2001, 401. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Ottman, J.A. (1993). The Green Marketing Mix: A Review of The Empirical Lietrature. Journal of Marketing Management.

UU No. 52 tahun 2009 Tentang Perkembangan Penduduk dan Pembangunan Keluarga.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Damayanti, D., Wahyuningtyas, Y. F., Nurwahyudi , M. R., Nurhasanah, A., Samboga, R., & Rahayuningsih, D. A. (2023). GREEN MARKETING: PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN MIE LETHEK. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper STIE Widya Wiwaha, 1(1), 432–437. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/semnas/article/view/751