PENGUATAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN PADA UMKM JAMAAH MASJID AR RASUL KOTAGEDE YOGYAKARTA

Authors

  • Sulastiningsih Sulastiningsih STIE Widya Wiwaha
  • Mafwah Dian Lailliyah STIE Widya Wiwaha
  • Febriyanto Febriyanto STIE Widya Wiwaha

Keywords:

akuntansi, manajemen keuangan, laporan keuangan, pengembangan UMKM

Abstract

UMKM merupakan salah satu motor penggerak perekonomian rakyat, terutama rakyat menengah ke bawah. Masalah dari sulit berkembangnya UMKM adalah karena daya kreatif dan inovatif yang relatif rendah. Kurangnya kemampuan dalam menyusun laporan keuangan membuat mereka sulit untuk menganalisis kinerja, terutama kinerja keuangan mereka sehingga sulit berkembang.

Tujuan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai akuntansi dan manajemen keuangan kepada para pelaku UMKM di lingkup Masjid Arrasul, Kotagede. Target khusus yaitu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada UMKM dalam pengembangan usaha melalui pelatihan dan bimbingan dalam meningkatkan kemampuan akuntansi dan manajemen keuangan. Adapun prospek pengembangan UMKM dikaji berdasarkan pada analisa laporan  keuangan. Kegiatan program PkM ini adalah dengan melakukan sosialisasi kepada pelaku UMKM, melakukan bimbingan terhadap pelaku UMKM dalam menyusun laporan keuangan, melakukan pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bidang akuntansi dan manajemen keuangan melalui pelatihan dan pendampingan. Metode pelatihan yang digunakan dengan melakukan diskusi dan tanya jawab dan analisis kasus.

Luaran kegiatan PkM ini adalah peningkatan penerapan ilmu akuntansi dasar bagi UMKM, peningkatan pemahaman dan pengetahuan manajemen keuangan, peningkatan kompetensi pengusaha kecil dalam me-manage dan menyusun laporan keuangan.

References

Eugene F. Brigham and Joel F. Houston, (2012). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Jakarta; Salemba Empat.

Hadri Kusuma, Zukkifli dan Sulastininmgsih (2013), Akuntansi Manajemen, Yogyakarta: EKONISIA UII

Hadri Kusuma, Sulastiningsih dan Zulkifli (2016), Sistem Pengendalian Manajemen, Yogyakarta: EKONISIA UII

Kasmir. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Linawati, Evi & Restuti Mi Mitha Dwi (2015), Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Atas Penggunaan Informasi Akuntansi, Conference In Business, Accounting and Management, Vol.2, No. 1.

Nurhayati Sofiah dan Aniek Murniati (2014). Persepsi Pengusaha UMKM Keramik Dinoyo Atas Informasi Akuntansi Keuangan Berbasis Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Jurnal JIBEKA. Vol. 8, No. 1.

Robbin, P. Stephen. (2001). Perilaku Organisasi. Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jilid I. Edisi Kedelapan. Jakarta: Prenhallindo.

Sofyan Syafri Harahap (2009),Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo.

Suryana. (2004). Modul 20 Kewirausahaan SMK: Evaluasi dan Pengembangan Usaha. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen PendidikanNasional.

Suryana, (2011). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses MenujuSukses. Jakarta: Salemba Empat.

Sustainable Regional Economic Growth and Investment Programme (SREGIP), Pelatihan Penyusunan Pembukuan Sederhana (2017).

Sulastiningsih dan Zulkifli (2006), Akuntansi Biaya Dilengkapi Dengan Isu Isu Kontemporer, Unit Penerbitan dan Percetakan STIM YKPN: Yogyakarta

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Sulastiningsih, S., Lailliyah, M. D., & Febriyanto, F. (2023). PENGUATAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN PADA UMKM JAMAAH MASJID AR RASUL KOTAGEDE YOGYAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper STIE Widya Wiwaha, 1(1), 438–444. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/semnas/article/view/752