PENINGKATAN KAPABILITAS DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Authors

  • Muhammad Subkhan STIE Widya Wiwaha
  • Syeh Assery STIE Widya Wiwaha
  • Selamat Riauwanto STIE Widya Wiwaha
  • Dwi Asmoro Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertema “Peningkatan Kapabilitas Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Padukuhan Paten Kalurahan Tridadi, Kecamatan Sleman” ini bertujuan untuk : 1) memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pelaku UMKM mengenai pentingnya digital marketing bagi usaha mereka dan memulai peralihan cara promosi produk UMKM dari konvensional menuju digital marketing; 2), mengajarkan praktik digital marketing dengan memanfaatkan jejaring sosial dan platform digital kepada pelaku UMKM; dan k3) menginsiprasi dan memotivasi para pelaku UMKM untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana komunikasi dan promosi produk mereka.

Dalam rangka mewujudkan luaran pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan serangkaian kegiatan : Pertama Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Padukuhan Paten Kalurahan Tridadi, Kecamatan Sleman dilaksanakan selama 240 menit, Kedua Praktek dan Pendampingan yang dimulai dari penjelasan media pemasaran digital dilanjutkan praktek pembuatan akun media sosial facebook , Instagram dilanjutkan dilakukan pendampingan pembuatan akun di marketplace yang diikuti dengan pelatihan pemnuatan gambar produk dan posting iklan pertama produk mereka.

References

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175Ridwan

Sanjaya, Josua Tarigan (2009). Creative Digital Marketing: Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif dan Berdaya Hasil Gemilang. Jakarta:Elex Media Komputindo Stockdale,

Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Information System Electronic Library

Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Amelya, A. (2021). Ampuh, Inilah 10 Cara Membuat Promosi Menarik di Instagram. Https://Www.Folderbisnis.Com/. https://www.folderbisnis.com/cara-membuat-promosi-menarik-di-instagram

Ayuni, Q., Cangara, H., & Arianto, A. (2019). The Influence of Digital Media Use on Sales Level of Culinary Package Product Among Female Entrepreneur. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(2). https://doi.org/10.33299/jpkop.23.2.2382

Barlian, J. K. (2021). Digital Marketing Jadi Kunci Pengusaha Bertahan di Era Pandemi. Https://Swa.Co.Id/. https://swa.co.id/swa/trends/digital-marketingjadi-kunci-pengusaha-bertahan-di-era-pandemi

Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya, 9(4), 275. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.30941

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42. https://doi.org/10.24036/sb.0310

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Fika, S., Salsabilla, W., & Batangriyan, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Image Di Pt . Central Global Network. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(September), 1–12.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Supriadi, C. (2020). Upaya Membantu UMKM Beradaptasi dan Berdaya Saing di Era Digital. Https://Marketing.Co.Id/. https://marketing.co.id/upayamembantu-umkm-beradaptasi-dan-berdaya-saing-di-era-digital

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Subkhan, M., Assery, S., Riauwanto, S., & Asmoro, D. (2023). PENINGKATAN KAPABILITAS DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper STIE Widya Wiwaha, 1(1), 438–446. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/semnas/article/view/801