ANALISIS KINERJA PEGAWAI PADA SUB UNIT PEMUNGUT RETRIBUSI PASAR SAYUR / BARU BANJARNEGARA

Authors

  • Riningsih Riningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Suci Utami Wikaningtyas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Kualitas, kuantitas, ketepatan, efektifitas, kemandirian

Abstract

Kinerja pegawai pasar sayur / baru Banjarnegara dapat berjalan dengan benar dan sesuai dengan harapan apabila di dalamnya terdapat sumber daya manusia yang memiliki satu tujuan yang sama. Untuk itu setiap instansi yang bersangkutan perlu memperhatikan dan mengatur keberadaan karyawan sebagai usaha meningkatkan kinerja yang baik. Jadi kinerja pegawai adalah hal yang paling penting bagi suatu bisnis dalam meningkatkan mutunya serta dari pihak tenaga pasar sayur / baru Banjarnegara. Penelitian ini akan dilakukan di Pasar sayur / baru Banjarnegara. Peneliti melakukan pra penelitian dengan melakukan interview dan mengambil beberapa data yang dibutuhkan sebagai penguat latar belakang, interview dilakukan dengan pimpinan Pasar sayur / baru Banjarnegara dan beberapa pegawai. Suatu Pasar sayur / baru Banjarnegara membutuhkan suatu sinergi agar bisa menjalankan roda perekonomian ke depannya. Metode penelitian ini adalah Kualitatif. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah teknik diskriptif dengan membuat tiga jalur, yaitu: Reduksi Data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh ke lima informan yang bekerja di pasar sayur / baru Banjarnegara, maka ditarik beberapa kesimpulan yang dihasilkan dari proses wawancara, yaitu: Kualitas, Penempatan kerja di pasar sayur / baru Banjarngara tidak sesuai prosedur yang berlaku karena kualifikasi pendidikan yang tidak sesuai dengan tupoksi. Solusi dari permasalahan ini adalah melakukan pelatihan khusus sehingga kualitas tupoksi bisa tercapai. Kuantitas, Pencapaian target yang dibebankan PEMDA tidak tercapai. Solusi, Perlu adanya Kebijakan dari pemda mengenai retribusi pasar. Ketepatan Waktu, Kehadiran dan kedisiplinan sangatlah kurang. Solusi dengan Memanggil pegawai tersebut untuk lebih disiplin dalam pekerjaannya atau memberikan motivasi / arahan pegawai.

References

Ade, Komang, dkk. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional (Studi di Perusahaan Daerah Pasar Kota Denpasar. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Ahyari, Agus. (2000). Manajemen Produksi Edisi ke-4; BPFE, Yogyakarta.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI); PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Dharma. (2011). Pendidikan Karakter; PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Erinda. (2014). Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Fasilitas Terhadap Kinerja Karyawan Asuransi Jiwa Bumi Putera 1912 Semarang. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Semarang.

Hamalik, Oemar. (2005). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem; PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Hartanto, Jogiyanto. (2010). Teori Portofolio dan Analisis Investasi; BPF-UGM, Yogyakarta.

Hartanto, Jogiyanto, (2011). Teori Portofolio dan Analisis Investasi; BPF-UGM, Yogyakarta.

Hasibuan.(2003). Manajemen Sumber Daya Manusia; Erlangga, Jakarta.

Hasibuan. (2016). Organisasi dan Motivasi; BumiAksara, Jakarta.

Hasibuan dan Mc.Celland. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia; Erlangga, Jakarta.

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/03/11/retribusi-adalah

Inyoman. (2013). Pengaruh Kepemimpinan, Diklat, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Bandung. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Bandung.

Kartono, Kartini. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?, Edisi Pertama; PT Rajawali, Jakarta

Kurnia, Iwan.( 2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Bukit Sanomas. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Kusriyanto, Bambang. (1991). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi ke empat; Penerbit F.E, Yogyakarta.

Kuswanto. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformatif Terhadap Kinerja Pegawai STKIP PGRI Lamongan. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Mangkunegara. (2000). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Edisi ke empat; Retika Aditama, Bandung.

Mangkunegara. (2005). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Edisi ke empat; Retika Aditama, Bandung.

Mangkunegara. (2009). Perilaku Konsumen (Edisi Revisi); Bandung, Reñka Aditama.

Mangkunegara. (2015). Perilaku Konsumen (Edisi Revisi); Bandung, Reñka Aditama.

Mathis dan Jackson. (2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama Salemba Empat, Jakarta.

Moestopadidjaja. (1996). Transformasi Manajemen Menghadapi Globalisasi Ekonomi, Jurnal Administrasi dan Pembangunan, Vol. 1 No. 1; PP Persadi.

Melinda, (2005. Pengantar Pasar Modal; Andi Offset, Yogyakarta.

Narbuko dan Achmadi, (2007). Metodologi Penelitian; Bumi Aksara, Jakarta.

Pradana, Martha Andy. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan Tetap PT. Mustika Bahana Jaya. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 4. No 1.

Prawina, I Komang dan Made Surya Putra. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Panca Dewata Denpasar, Bali. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Qasanah, Uswatun. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Rahman, arif. (2017). Flypaper Effect pada Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Daerah pada Kabupaten Kota di Indonesia. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Rivai. (2009). Performance Appraisal. Edisi Kedua; Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Rivai. (2014). Islamic Financial Management: Teori Konsep, dan Aplikasi Panduan Praktis untuk Lembaga Keuangan, Nasabah, Praktisi, dan Mahasiswa; Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Rodhiyalah. (2017). Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi Terhadap Motivasi dan Kinerja Pegawai (Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya). Skripsi Tidak Dipublikasikan, Surabaya.

Robbins. (1996). Perilaku Organisasi; PT. Indeks, Kelompok Gramedia.

Suliyanto, (2011). Statistik untuk Penelitian; Alfabeta. Bandung.

Suliyanto, (2013). Metode Riset Bisnis; Edisi Pertama, Andi, Yogyakarta.

Sutrisno. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Semarang.

Terry, George. (2012). Asas – asas manajemen, Cetakan ke tujuh; PT Alumni, Bandung.

Thoha, Miftah. (2013). Kepemimpinan dalam Manaajemen, Edisi Pertama; PT Raja Grafindo, Jakarta.

Yukl, Gary. (2010). Kepemimpinan dalam organisasi, Edisi ke lima; PT Indeks Jakarta.

Downloads

Published

2024-03-02

How to Cite

Riningsih, R., & Wikaningtyas, S. U. (2024). ANALISIS KINERJA PEGAWAI PADA SUB UNIT PEMUNGUT RETRIBUSI PASAR SAYUR / BARU BANJARNEGARA. Jurnal Riset Mahasiswa, 2(2), 290 –. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jurima/article/view/936